ElektroIndonesia.Com
Jumat, 25 Mei 2018
-- Komputer
  Julukan Super Komputer Tercepat Sejagad Kini Milik China
  ME310 Hasilkan Konsep Laptop Dengan Desain Ramah Lingkungan
  Anton Supercomputer - Mesin simulasi gerakan protein dengan besaran milidetik
  Intel Kembangkan Komputer Pembaca Pikiran
  Perancangan Aplikasi Persedian Barang pada Personal Digital Assistant (PDA) dengan Menggunakan NS-Basic
-- Komunikasi
  Musik dan Warna Bisa Cerdaskan Anak
  Menelepon Kini Bisa Dilakukan via Gmail
  Pengenalan untuk Next Generation Networks
  Elemen Perancangan Sistem Kabel Coaxial pada pada Jaringan HFC
   Perencanaan Daya Pancar BTS untuk Sistem GSM pada Jalur Kereta Api Jakarta-Bandung
-- Kontrol/Kendali
  Turbin Angin Masa Depan Harus Mampu Terbang
  Sebuah pengalaman dalam upaya mewujudkan capacity building di bidang Sistem Instrumentasi dan Kendali reaktor nuklir
  Sebuah pengalaman dalam upaya mewujudkan capacity building di bidang Sistem Instrumentasi dan Kendali reaktor nuklir
  Pengaturan Lampu Lalulintas Berbasis Fuzzy Logic
  Pengaturan Lampu Lalulintas Berbasis Fuzzy Logic
KOMPUTER
Julukan Super Komputer Tercepat Sejagad Kini Milik China
2010-11-16

Beijing - China mengkudeta gelar super komputer tercepat sejagad dari tangan Amerika Serikat. Ini adalah kali pertama superkomputer buatan China masuk daftar peringkat pertama superkomputer tercepat dunia yang dirilis situs web www.top500.com dan mengalahkan superkomputer-superkomputer buatan Amerika Serikat.

Super komputer China yang bernama Tianhe-1 dalam bahasa Inggrisnya bernama 'Milky Way' yang berarti 'Bima Sakti' ini mampu menghasilkan kecepatan 2.570 triliun kalkukasi per detik atau setara dengan 2,57 petaflop.

Jaguar merupakan super komputer yang ditempatkan di salah satu fasilitas milik pemerintah AS di Tennessee. Dikutip detikINET dari AFP, Jaguar mampu menghasilkan kecepatan 1.750 triliun kalkukasi per detik.

Tak cuma Tianhe-1 yang mengharumkan nama China di kancah persaingan para komputer kelas berat ini. Sebab sebelumnya ada Nebulae yang ditempatkan di National Supercomputing Centre di sebelah selatan kota Shenzhen.

Nebulae berada di posisi ketiga dalam daftar super komputer Top 500 dan mampu menampilkan performa 1,271 petaflop per detik. Satu petaflop setara dengan 1.000 triliun kalkulasi.

Superkomputer buatan AS memang masih mendominasi daftar tersebut. Dari 500 unit, lebih dari setengah berada di AS. China mencatat 42 unit dan melampaui jumlah superkomputer Jepang, Perancis, Jerman, dan Inggris. Namun, superkomputer-superkomputer di China menggunakan cip buatan perusahaan AS, antara lain Nvidia.

Sebagai informasi, pengumuman daftar 500 superkomputer tercepat dilakukan rutin dua kali setahun. Penilaian berdasarkan kecepatan yang dicapai dengan tes benchmark ini dirancang ahli Jerman dan Amerika. Bukan kali pertama superkomputer Amerika dikalahkan negara Asia karena pada tahun 2002, Jepang pernah melakukannya.

Oleh : admin
Sumber : tribunnews.com
ME310 Hasilkan Konsep Laptop Dengan Desain Ramah Lingkungan
2010-11-08

Jika Anda saat ini memiliki laptop, pernahkan terpikir kapan laptop Anda akan berakhir di tempat pembuangan akhir? Seperti diketahui e-waste atau limbah elektronik masih menjadi masalah besar, terutama di negara-negara berkembang. Meski sebagian besar bahan laptop sudah bisa didaur ulang, tetapi proses daur ulang limbah tersebut diyakini masih membahayakan pekerja dan lingkungan sekitarnya. Selain itu logam, plastik dan papan sirkuit terkemas menjadi satu, yang untuk memisahkannya agar bisa didaur ulang memerlukan sumber daya -waktu, energi, biaya-- yang tidak sedikit.

Salah satu cara mengurangi laju pertambahan e-waste adalah dengan memperpanjang umur pakai laptop. Tetapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa perkembangan teknologi komputer sangat cepat. Karenanya, Autodesk --pembuat software desain-- dalam program ME310 Stanford University meminta semua mahasiswa peserta pelatihan desain industri untuk membuat desain produk elektronik yang mudah didaur ulang.

Salah satu yang dihasilkan dari program tersebut adalah laptop Bloom, yang bisa dibongkar hanya dengan tangan dalam sepuluh langkah dan 30 detik. Berbeda dengan laptop biasa yang membutuhkan tiga buah alat, 45 menit dan 120 langkah.

Jika laptop tersebut mudah dibongkar untuk didaur ulang, tentunya juga memudahkan pemiliknya untuk mengupgrade. Kemudahan-kemudahan tersebut jika diaplikasikan pada laptop generasi mendatang, memungkinkan pemiliknya memperpanjang umur pakai laptop serta mengurangi limbah e-waste.

Oleh : rahman budi
Sumber : planethijau.com
Anton Supercomputer - Mesin simulasi gerakan protein dengan besaran milidetik
2010-10-19

Protein Dinamika: Mesin mensimulasikan gerakan protein milidetik-besaran, tetapi beberapa sistem catatan memiliki keterbatasan

Superkomputer Anton kini online dan siap untuk melipat protein. DE Shaw Research, yang dirancang dan dibangun Anton paralel secara besar-besaran, akhirnya telah diverifikasi.

Komputer dilakukan dua jenis simulasi sistem yang sudah dipelajari: Pada pertama, simulasi Anton 100-mikrodetik dari FiP35 protein domain menunjukkan bahwa domain lipatan dan terbentang dalam perkembangan yang sama setiap kali-langkah mengejutkan beberapa peneliti. Simulasi kedua melibatkan sebuah studi, lagi satu milidetik dari dinamika inhibitor protein sudah dilipat tripsin pankreas sapi (BPTI), yang mengeksplorasi gerakan rumit protein dalam air. Hasil diterbitkan di Science (2010, 330, 341).

"Karya ini menunjukkan bahwa mesin mereka benar-benar dapat melakukan tugas-tugas yang mereka usulkan," ujar Vijay Pande, seorang profesor kimia asosiasi di Stanford University dan pembuat lipat @ proyek rumah, yang memanfaatkan komputer rumah relawan 'untuk melakukan perhitungan protein komputasi secara intensif.

Anton dibangun semata-mata untuk tujuan dinamika molekul (MD) simulasi perilaku dari molekul-molekul biologis yang besar. Mesin, yang menyelesaikan lebih dari setahun yang lalu, taruhannya klaimnya menjadi terkenal pada kemampuannya untuk melakukan simulasi panjang yang tidak mungkin dilakukan di superkomputer saat ini. Hasil baru menandai uji signifikan pertama kecakapan Anton.

MD simulasi, yang melacak gerakan setiap atom dalam molekul besar, terbatas dalam skala waktu mereka dengan kekuatan komputer dan arsitektur. Hal ini dapat mencapai bulanan, sebuah sistem superkomputer untuk mensimulasikan hanya puluhan mikrodetik dinamika protein's. Tapi banyak protein lipat pada skala waktu milidetik.

Anton, penciptanya melaporkan, ia mampu melakukan simulasi milidetik-panjang sistem yang mengandung puluhan ribu atom dalam 100-hari 100 kali lebih cepat dibandingkan dengan superkomputer saat ini.

David E. Shaw, kepala ilmuwan di Shaw Research, menceritakan C & EN bahwa Anton sekarang mensimulasikan protein dengan perilaku lipat lebih rumit. "Kami sekarang memiliki beberapa hasil awal menggembirakan pada lipat protein tertentu yang dikenal lipat lebih lambat daripada yang diteliti dalam kertas Science," katanya.

Baru-baru ini, Shaw Penelitian menyumbangkan komputer lain Anton ke Pittsburgh Supercomputing Center untuk digunakan penelitian oleh universitas-universitas dan lembaga nirlaba lainnya melalui Sumber Daya Nasional untuk Biomedis Supercomputing.

Kelompok Schulten merupakan salah satu dari 45 yang diberikan waktu pada mesin oleh National Science Foundation. Kelompoknya mulai simulasi minggu lalu, dan "itu bekerja sangat baik," katanya.

Oleh : admin
Sumber : pubs.acs.org
Intel Kembangkan Komputer Pembaca Pikiran
2010-08-27

Jakarta - Sebuah teknologi baru memungkinkan seseorang mendiktekan kata dan melakukan pencarian di internet hanya dengan berpikir. Demikian dikatakan para peneliti Intel yang tengah mengarap proyek tersebut.

Komputer yang bisa membaca pikiran sebenarnya sudah mulai banyak dikembangkan. Namun Intel mengklaim komputer pembaca pikiran yang dikembangkannya berbeda.

Kebanyakan komputer pembaca pikiran yang ada saat ini masih memerlukan gerakan fisik si pengguna dalam mengontrol kursor pada layar. Berbeda dengan komputer yang dikembangkan Intel, dengan teknologi terbaru yang ditanamkan di dalamnya, memungkinkan komputer dapat menerjemahkan kata secara langsung ketika sedang dipikirkan oleh si pengguna.

Rupanya, para ilmuwan di Intel menciptakan peta detail aktivitas otak untuk setiap individu kata, yang kemudian dapat dicocokkan dengan aktivitas otak seseorang yang menggunakan komputer. Hal ini lebih memudahkan mesin dalam menentukan kata yang sedang dipikirkan.

"Komputer menggunakan bentuk 20 pertanyaan untuk mempersempit kata," ujar ilmuwan senior di Intel bernama Dean Pomerleau.

Pomerleau mengatakan, ukuran perangkat yang dibutuhkan untuk mendapatkan detail informasi aktivitas otak masih terbilang cukup besar, selain itu harganya mahal dan mirip seperti yang digunakan di rumah sakit.

"Kami sedang berupaya agar perangkat ini lebih kecil dan bisa digunakan sebagai headset namun tetap menghasilkan detail informasi pada tingkatan yang sama," tandas Pomerleau, dikutip detikINET dari Telegraph, Senin (23/8/2010).

Oleh : Rachmatunisa
Sumber : www.detikinet.com
Perancangan Aplikasi Persedian Barang pada Personal Digital Assistant (PDA) dengan Menggunakan NS-Basic
Persaingan bisnis pada era globalisasi sekarang ini semakin ketat. Masing-masing perusahaan berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan maksud memperoleh pelanggan sebanyak-banyaknya.
Oleh : Haryanto Tanuwijaya
Sumber : komp41.html
Pengembangan Sistem Terdistribusi dengan CORBA
Evolusi arsitektur aplikasi dimulai dengan dikembangkannya sistem Monolitik atau disebut juga system Mainframe. Bersamaan dengan sistem monolitik ini dikenal juga sisitem hierarchical database dan dumb terminal. Dengan system Monolitik ini, proses komputasi dilakukan pada sebuah Mainframe yang secara terpusat melakukan semua proses komputasi pada system.
Oleh : Adi Permadi
Sumber : ut39.html
Teknologi Kabel Modem
Kabel modem adalah alat yang memberikan akses berkecepatan tinggi ke internet melalui jaringan kabel televisi. Sama halnya dengan respon dari modem analog tradisional, kabel modem memiliki keunggulan mempunyai kekuatan yang lebih, mampu mengirimkan data lebih cepat kira-kira 500 kali.
Oleh : Arief Hamdani Gunawan, Andrik Abadi Kurniawan, Henky Prasetyo
Sumber : ut38.html
mpage: Utilitas Pencetakan di Linux
Seringkali kita ingin mencetak file-file dokumen dengan format pdf atau ps, sehingga bisa kita baca offline. Bagaimanapun hardcopy masih diperlukan, paling tidak bagi saya pribadi, untuk referensi. Meskipun sudah banyak yang tersedia dalam bentuk file yang disimpan dalam cd-rom. Format filenya pun bermacam-macam; html, ps, pdf, tex, doc, rtf, dan lain sebagainya.
Oleh : Agus@nurulfikri.com
Sumber : komp33.html
Pembacaan Sensor Jarak Jauh Memanfaatkan Sarana SMTP dan POP3 Pada Internet
Beberapa pabrik yang terpisah dari kantor pusat, kadang kala membutuhkan suatu sistem untuk monitoring kondisi pabrik dari kantor pusat yang mendekati 'real time'. Hal ini telah banyak dilakukan dengan modem dan telepon atau melalui leased line, VSAT, Frame Relay. Masalah utama adalah biaya, terutama untuk perusahaan yang tidak terlalu besar. Contoh aplikasi lain adalah untuk monitoring sistem keamanan rumah tinggal secara jarak jauh, ketika kita berpergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Banyak sistem keamanan yang memberikan kemungkinan monitor melalui jalur telepon, tapi kalau kita di luar negeri pulsa yang kita bayar bisa luar biasa mahalnya.
Oleh : Wijatmoko U. Prayitno, Munif Sofyan, I Wayan S. Wicaksana
Sumber : ut33a.html
Kontrol Jarak Jauh MotorDC Menggunakan Protokol TCP/IP dengan Memanfaatkan WEB dan PHP3
ebutuhan akan sistem untuk pengontrolan jarak jauh semakin meningkat sejalan dengan era globalisasi dimana perpindahan dan pergerakan manusia semakin luas dan cepat. Pengontrolan melalui jalur telepon merupakan hal yang lumrah, tetapi sistem ini kerap digunakan untuk sitem fix-point. Selain itu juga adanya kendala biaya terhadap jarak, jarak semakin jauh maka biaya pulsa yang dikeluarkan semakin besar.
Oleh : Andrizal Harun, Mark Rompies dan I wayan Simri W
Sumber : ut33.html

Artikel Terkini :
Elektro --
Sensor CO2 baru yang sederhana  
Operasional Seluler Habiskan 70 Juta Liter Solar  
Teknologi Prosesor Berbasis Molekul DNA  
Penyisipan Informasi Data Digital Pada Siaran AM  
Perancangan Layout IC CMOS Multivibrator Monostabil Menggunakan Program LASI  
Energi --
Scenedesmus, Sumber Bahan Bakar Bio Sekaligus Penetralisir Air Limbah  
21,3 GigaWatt Energi Bersih Dari Hancurnya Ekosistem di hasilkan Cina  
Selangkah Lagi Bensin Sintetis Tanpa Emisi Karbon Siap Gantikan Bensin Berbasis Minyak Bumi  
Baterai Lithium Ion Yang ''Terinfeksi'' Virus, Menyimpan Energi 10 Kali Lebih Banyak  
Cina Akan Bangun Pembangkit Listrik BioGas Terbesar Pertama di Dunia  
Instrumentasi --
BMW Siap Produksi Mobil Ramah Lingkungan Seri i3 dan i8  
Lemari Pendingin Tanpa Listrik Pertahankan Suhu Selama 10 Hari  
Baju Pengganti Baterai  
Seoul Akan Operasikan Bis Listrik di Rute Komersial  
Honda Luncurkan Program Untuk Mengenali Berbagai Aspek Dalam Teknologi Mobil Listrik  
Komputer    Komunikasi    Kontrol    Elektro    Energi    Instrumentasi
Copyright © 2006